PERAN
PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DALAM INSTALASI LISTRIK
1. Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Perkembangan dunia pendidikan pada
saat ini tidak dipungkiri telah memasuki era baru, serta era ilmu pengetahuan
dan informasi di berbagai bidang. Pendidikan sekarang tidak lagi dimaksudkan
untuk sekedar mendapatkan pengetahuan. Tetapi lebih diarahkan agar anak didik
memiliki keterampilan tertentu agar dapat bersaing dengan lingkungannya.
Di setiap kejuruan teknik baik
tingkat SMK atau perguruan tinggi pada saat dimulainya awal tahun atau masuknya
seorang siswa pada tahun ajaran baru pasti ada mata pelajaran atau mata kuliah
gambar teknik. Gambar teknik tentunya disesuaikan dengan kejuruan
masing-masing. Kejuruan bangunan atau sipil gambar tekniknya tentang bangunan,
sedangkan kejuruan elektro berkaitan dengan elektronika.
Terkadang kita sebagai insan teknik
sering mengacuhkan dan mengesampingkan mengenai gambar teknik itu sendiri.
Tetapi sebenarnya gambar teknik tersebut memiliki beberapa manfaat bagi
mahasiswa teknik maupun orang umum. Contohnya pada Jurusan Teknik Elektro, jika
seorang engineer atau teknis akan
merencanakan rancangan instalasi listrik penerangan rumah tinggal. Sebagai
tenaga ahli elektronika jika ia akan membuat suatu proyek alat arus lemah atau
elektronika, pastilah akan menggambar terlebih dahulu layout rangkaian
elektroniknya sebelum diterapkan di Printed
Circuit Board.
Pada perancangan instalasi listrik
skala sangat diperlukan dalam menggambar perencanaan instalasi tersebut. Dengan
gambar kita bias mengestimasi atau menghitung biaya yang akan dibutuhkan untuk
instalasi tersebut. Selain manfaat tersebut, gambar teknik dapat pula
meningkatkan keterampilan dalam perancangan instalasi.
Meskipun terdapat manfaat gambar
teknik, masih ada beberapa kekurangan seperti perlunya komponen ataupun alat
yang lengkap dalam pembelajaran. Selain itu, perlunya pula media pembelajaran
yang dapat menunjang pembelajaran gambar teknik tersebut. Dalam instalasi
listrik, tentunya kita terlebih dahulu membuat rancangan-rancangan yang akan
dibuat. Oleh sebab itu gambar teknik disini menjadi begitu dibutuhkan. Seperti
rancangan tata letak yang menunjukkan dengan jelas tata letak perlengkapan
listrik beserta sistem kendalinya. Seperti titik lampu, saklar, motor listrik.
Dan juga rancangan hubungan peralatan atau pesawat listrik dengan
pengendalinya.
Menurut Warren L. Luzadder (2008:2),“Technical drawing is a graphic language that
is used universally by engineers to describe the scape and size of structures”. Oleh karenanya, gambar teknik dapat
digunakan secara menyeluruh termasuk pada bidang elektro yaitu instalasi
listrik sehingga dengan gambar teknik ini, mahasiswa dapat merancang instalasi
listrik dengan baik.
1.2
Rumusan
Masalah
a.
Apakah yang dimaksud dengan gambar
teknik?
b.
Bagaimana peranan pembelajaran gambar
teknik dalam instalasi listrik?
c.
Mengapa pembejaran gambar teknik dibutuhkan
dalam instalasi listrik?
1.3
Tujuan
Masalah
a.
Menjelaskan pengertian gambar teknik.
b.
Menjelaskan peranan pembelajaran gambar
teknik dalam instalasi listrik.
c.
Menjelaskan alasan pembelajaran gambar
teknik dibutuhkan dalam instalasi listrik.
2. Bahasan
2.1
Pengertian Gambar Teknik
Menurut
F.H. Homan dan Ir. Sutomo Wongsocitro, Gambar teknik adalah bahasa yang
dipergunakan antara perancang dan pelaksana.
Seperti bahasa selalu harus dipelajari dengan sungguh-sungguh. Terdapat
banyak pengertian yang dikemukakan oleh para ahli, termasuk ahli yang berasal
dari luar negeri yaitu Warren L. Luzzader (2008:2),”Technical drawing is a graphic language that is used universally by
engineers to describe the scape and size of structures and mechanism”.
Gambar
teknik terdiri dari simbol, garis, dan tulisan tegak yang bersifat tegas.
Digunakan untuk memberikan penjelasan lengkap tentang suatu benda atau
konstruksi, berdasarkan ketentuan dan standar teknik yang sudah disepakati oleh
badan standarisasi, baik itu nasional maupun internasional. Gambar adalah suatu
metode yang digunakan seseorang untuk menyampaikan maksud gambar dalam proses
komunikasi, penyampaian informasi agar maksud dari gambar tersebut dapat
dipahami dengan mudah. Sehingga gambar teknik merupakan cara yang tepat dalam
mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia elektro seperti instalasi
listrik. Gambar teknik dibuat dengan menggunakan cara-cara,
ketentuan-ketentuan, aturan-aturan yang telah disepakati bersama oleh para
ahli. Jadi dalam menggambar teknik tersebut haruslah mengacu pada aturan-aturan
tersebut. Dari pembuatannya gambar teknik bisa dibuat secara manual atau dengan
alat. Gambar teknik manual dibuat dengan tangan dan tanpa bantuan alat gambar.
Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa gambar teknik merupakan perpaduan antara
gambar seni dan gambar sains yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa
problem keteknikan. Seni dalam hal ini mengenai aspek keindahan bentuknya,
sedangkan sains menyangkut segi ukuran, kekuatan, ketahanan, bahan, efisiensi,
cara mengerjakan dan sebagainya. Dengan demikian bentuk harus dibuat seindah
mungkin, tetapi faktor-faktor sains lebih diutamakan dalam gambar teknik.
2.2 Peranan Gambar Teknik dalam Instalasi Listrik
Dalam pembuatan sebuah rancangan instalasi listrik,
tentunya harus paham dan mahir mengenai bermacam-macam gambar yang berkaitan
dengan instalasi. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk belajar mengenai
gambar-gambar yang berada pada dunia kelistrikan. Bisa melalui bahan ajar
ataupun referensi yang lain. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan informasi,
alat dan teks yang digunakan untuk membantu guru atau instruktor dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar. Menurut Majid, Abdul (2007:174),”Bahan yang dimaksud
bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis”. Bahan yang tertulis
dapat diibaratkan seperti buku panduan yang digunakan oleh siswa dan guru dalam
pembelajaran.
Bahan ajar yang tidak tertulis dapat diambil contoh
seperti apabila seorang siswa melaksanakan kegiatan praktek. Jadi, siswa
melihat langsung objek yang dipelajari. Dalam hal perancangan instalasi
listrik, tentunya juga membutuhkan sebuah bahan ajar yang dapat menunjang
kemampuan seseorang untuk membuat rancangan yang diinginkan. Bahan ajar yang
dapat digunakan tentunya yang linear dengan hal tersebut. Salah satunya dengan
pembelajaran gambar teknik. Sebab didalam pembelajaran gambar teknik terdapat
berbagai macam jenis gambar yang akan digunakan dalam perancangan instalasi.
Dalam suatu perancangan, produk yang dihasilkan adalah gambar dan analisa.
Gambar adalah bahasa teknik yang diwujudkan dalam
kesepakatan simbol. Gambar ini dapat berupa gambar sket, gambar perspektif,
gambar proyeksi, gambar denah serta gambar situasi. Oleh sebab itu, gambar
teknik sangat berperan di dalam pembuatan sebuah rancangan instalasi listrik.
Selain peranan diatas, terdapat peranan yang lain dalam instalasi listrik yaitu gambar
teknik berperan sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana
dan pelaksana. Sebagai konsekuensinya antara perencana dan pelaksana harus
benar-benar memahami, dalam arti harus dapat membuat, membaca, dan mengoreksi
gambar. Didalam gambar teknik juga terdapat seni (mengandung seni), tetapi juga
harus memperhatikan aturan-aturan tertentu. Seperti di Indonesia dalam dunia
teknik listrik aturan yang ada antara lain PUIL (Persyaratan Umum Instalasi
Listrik). Sehingga dalam pembuatannya harus dengan hati-hati dan teliti.
Sedangkan untuk pengertian instalasi
listrik sendiri adalah saluran listrik beserta gawai maupun peralatan yang
terpasang baik didalam maupun diluar bangunan untuk menyalurkan arus listrik.
Dan untuk rancangan instalasi listrik haruslah memenuhi ketentuan PUIL 2000 dan
peraturan yang terkait didalam Udndang-undang. Jadi untuk membuat rancangan
tersebut harus sesuai dan paham akan jenis-jenis dan komponen yang terdapat
dalam rancangan tersebut. Sehingga gambar teknik sangat berperan dalam hal ini.
Seperti sekarang ini, didalam Sekolah Menengah Kejuruan sudah terdapat jurusan
ataupun mata pelajaran mengenai instalasi listrik yang didalamnya terdapat
pembelajaran gambar teknik.
Oleh karenanya, dalam hal ini pembelajaran gambar
teknik begitu berperan agar para siswa dapat memahami dan mengerti mengenai
hal-hal yang berkaitan dengan perancangan instalasi listrik. Agar siswa
tersebut tidak salah dan tetap sesuai dengan aturan oleh pemerintah dan tidak
mengakibatkan kesalahan dalam rancangannya. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran gambar
teknik inilah dasar atau pondasi seseorang dalam perancangan sebuah instalasi
listrik. Tentu saja apabila sebuah pondasinya sudah baik, benar dan sesuai,
maka hasil akhirnya sudah pasti baik pula. Pembelajaran gambar teknik disini
dapat diartikan sebagai bahan tertulis yang dapat digunakan oleh guru dan
siswanya didalam proses pembelajaran, sesuai dengan argument Abdul Majid yang
telah dijelaskan sebelumnya. Pembelajaran gambar teknik dapat berperan sangat
besar dalam perancangan instalasi listrik. Yang salah satunya melalui
pendidikan. Sebab pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam
meningkatkan sumber daya manusia. Dengan begitu, peserta didik akan dapat
merancang instalasi listrik dengan baik dan benar dengan pembelajaran gambar
teknik ini.
Contohnya adalah di SMK yang sudah
terdapat mata pelajaran gambar teknik disekolahnya. Tentulah mereka mengajarkan
pelajaran gambar teknik tersebut dengan menggunakan sebuah bahan ajar yang
relevan. Yang sesuai dengan pengertian bahan ajar itu sendiri. Pada paragraf
satu telah dijelaskan pengertian bahan ajar menurut Abdul Majid. Menurut
Sunaryo (1989:76),”Bahan ajar adalah materi yang dicetak atau media yang lain
yang khusus digunakan dalam peristiwa pengajaran”. Didalam argumen Sunaryo
tersebut, dapat disimpulkan pembelajaran gambar teknik sendiri menggunakan
bahan ajar yang tidak dicetak, sebab pembelajarannya menggunakan gambar-gambar.
Sebab didalam perancangan instalasi listrik menggunakan komponen-komponen yang
dalam pembelajaran gambar teknik ini dijelaskan dalam bentuk gambar.
2.3 Alasan Pembelajaran Gambar Teknik Dibutuhkan dalam
Instalasi Listrik
Didalam
merancang sebuah instalasi listrik, dibutuhkan keahlian dan pengetahuan
mengenai komponen serta bahan, dan alat yang digunakan. Sedangkan pengetahuan
tentang hal tersebut dapat didapat didalam pembelajaran gambar teknik.
Alasannya sebab gambar teknik sendiri memiliki fungsi, seperti : gambar teknik
berfungsi sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan
pelaksana, gambar teknik sebagai sumber informasi dan komunikasi. Maksud dari
sebagai bahasa tertulis dalam bentuk gambar adalah gambar teknik sebagai
pembelajaran yang berupa gambar yang digunakan dalam sebuah perancangan.
Seperti gambar dari beberapa komponen yang akan digunakan dalam perancangan
yaitu gambar tentang simbol baterai, kapasitor chassis dan ground, koneksi dan
hubungan percabangan, induktor, komponen relai, resistor, saklar, ukuran gambar
simbol. Dengan mengetahuinya maka dalam merancang rangkaian akan lebih mudah.
Alasan
berikutnya adalah didalam pembelajaran gambar teknik terdapat gambar instalasi
penerangan yang meliputi simbol-simbol umum, macam-macam rangkaian yang bisa
digunakan dalam perancangan instalasi listrik. Dengan ini, maka pembelajaran
gambar teknik sangat penting dalam instalasi listrik. Peserta didik akan dapat
meletakkan komponen-komponen sesuai dengan tempatnya, dan menyambungkannya
dengan komponen lain dengan tepat. Agar tidak terjadi kesalahan didalam
rangkaiannya. Selain itu, peserta didik juga akan paham bagaimana cara memasang
komponen tersebut. Dengan simbol-simbol umum yang terdapat dalam pembelajaran
gambar teknik, maka peserta didik akan dapat membedakan dari berbagai komponen
yang sesuai dalam rangkaiannya.
Dengan begitu,
rancangan instalasi listrik yang dibuat oleh peserta didik tidak akan mengalami
kesalahan dan konslet. Sebab telah mempelajari gambar teknik yang dapat
menunjangnya. Didalam pembelajaran gambar teknik juga menjelaskan mengenai
macam-macam hubungan saklar. Jadi, ini sangat berguna apabila akan merancang suatu instalasi listrik.
Karena saklar adalah komponen yang penting dalam suatu perancangan instalasi.
Selain yang dijelaskan
diatas, terdapat alasan yang lain yaitu gambar teknik sebagai sebuah alat untuk
menyatakan maksud atau pemikiran dari seseorang. Selain itu, gambar teknik juga
sebagai penerusan informasi. Maksudnya disini adalah gambar bagaimanapun juga
merupakan bahasa teknik, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus
meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif. Begitu pula didalam
instalasi listrik, gambar teknik juga melakukan peran tersebut. Yaitu apabila
seseorang (peserta didik) akan membuat rancangan mengenai instalasi listrik,
tentulah dia akan meluapkan pemikirannya tersebut. Pertama pastilah dia akan
menggambar rancangannya tersebut. Oleh karena itu, peserta didik haruslah
mengerti mengenai pembelajaran tersebut. Dengan memperhatikan ketepatan dan
objektifnya.
Menurut F.H. Homan
dan Ir. Sutomo Wongsocitro (2008:2),”Gambar teknik adalah bahasa yang
dipergunakan antara perancangan dan pelaksana”. Alasan diatas sesuai dengan
pemikiran pakar tersebut. Yaitu alat untuk menyatakan maksud atau pemikiran
dari seseorang. Jadi, gambar teknik dibutuhkan dalam instalasi listrik dengan
alasan-alasan yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan demikian, pembelajaran
gambar teknik sangat dibutuhkan dalam instalasi listrik, karena banyak peran
(alasan) yang dapat menunjang hal tersebut. Selain itu, peserta didik akan
lebih paham dan dalam merangkai rancangan instalasi listrik dengan baik dan
benar. Dan juga, peserta didik tersebut akan dapat memanfaatkan pengetahuannya
tersebut dengan membuat instalasi listrik dengan menggunakan pembelajaran
gambar teknik yang sudah didapat sebelumnya. Jadi, dalam merancangnya tidak
terjadi kesalahan dan konslet.
Peserta didik
akan paham mengenai komponen-komponen yang digunakan dalam rancangan
instalasinya. Yang telah tersaji dalam bentuk gambar yaitu dalam pembelajaran
gambar teknik. Yang telah diajarkan oleh guru ataupun dosen mereka.
3. Simpulan
a. Gambar teknik merupakan perpaduan antara
gambar seni dan gambar sains yang dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa
problem keteknikan. Yang terdiri dari simbol, garis, dan tulisan tegak yang
bersifat tegas. Gambar teknik dapat dibuat dengan menggunakan cara-cara,
ketentuan-ketentuan, aturan-aturan yang telah disepakati bersama oleh para
ahli. Yaitu berdasarkan ketentuan dan standart teknik yang sudah disepakati
oleh badan standarisasi.
b. Pembelajaran
gambar teknik berperan dalam instalasi listrik yaitu gambar teknik sebagai
bahasa tertulis dalam bentuk gambar antara perencana dan pelaksana, didalam
pembelajaran gambar teknik terdapat berbagai macam jenis gambar yang akan
digunakan dalam perancangan instalasi listrik. Selain itu, gambar teknik juga
berperan sebagai dasar atau pondasi seseorang dalam membuat rancangannya. Yang
didalamnya terdapat berbagai komponen yang dapat digunakan untuk merancang
sebuah rancangan instalasi listrik yang penyajiannya dalam bentuk
gambar-gambar.
c.
Pentingnya
pembelajaran gambar teknik dalam instalasi listrik yaitu didalam merancang
sebuah instalasi listrik, dibutuhkan keahlian dan pengetahuan terkait komponen,
bahan, dan alat yang digunakan. Dan pengetahuan tersebut terdapat dalam
pembelajaran gambar teknik. Selain itu, didalam gambar teknik juga terdapat
gambar instalasi penerangan yang meliputi simbol-simbol umum, macam rangkaian
yang dapat digunakan dalam perancangan instalasi listrik. Sehingga dengan pembelajaran
gambar teknik ini, peserta didik akan mampu merancang instalasi listrik dengan
baik dan benar dengan tidak terjadi kesalahan dan konslet.
Daftar
Rujukan
Luzadder, Warren L. 2008. Pengenalan Gambar Teknik dan Gambar
Piktorial. Labsheet Universitas Negeri Yogyakarta.hlmn(1-3). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Drs.%20Sukir,%20M.T./Labsheet%20Gambar%20Teknik.pdf diunduh tanggal 15
maret 2016 pukul 11.25 WIB.
Homan, F.H dan Ir. Sutomo. 2008. Pengenalan Gambar Teknik dan Gambar
Piktorial dalam Labsheet Universitas Negeri Yogyakarta.hlmn(1-3). http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Drs.%20Sukir,%20M.T./Labsheet%20Gambar%20Teknik.pdf
diunduh tanggal 15 maret 2016
pukul 11.25 WIB.
Sunaryo. 1989. Pengembangan Bahan Ajar Iinteraktif Pada Mata Pelajaran Instalasi
Tenaga Listrik. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri
Semarang.hlmn(18-20). lib.unnes.ac.id/18582/1/5301407007.pdf
diunduh tanggal 15 maret 2016
pukul 11.25 WIB.WIB.
Majid,
Abdul. 2007. Pengembangan
Bahan Ajar Iinteraktif Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik.
Skripsi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.hlmn(18-20). lib.unnes.ac.id/18582/1/5301407007.pdf
diunduh tanggal 15 maret 2016
pukul 11.25 WIB.
Arifin, Muhtar. 2015. Pengertian dan Fungsi Gambar Teknik. http://www.autocadtangerang.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-gambar-teknik.html?m=1
diunduh tanggal 12 April 2016 pukul 08.45 WIB.
No comments:
Post a Comment